Minggu, Agustus 19

Apa Itu Proxy? Ayo Mengenal Kembali Proxy

Apa Itu Proxy? Ayo Mengenal Kembali Proxy
Apa Itu Proxy? Ayo Mengenal Kembali Proxy

Apa Itu Proxy?

Mengenal kembali proxy, bagi sebagian orang yang bergelut dalam bidang IT proxy bukanlah hal yang aneh bagi mereka. Namun, bagai mana bagi orang-orang yang baru dalam penggunaan Internet? Apa itu proxy?
Seberpa pentingkah proxy itu bagi pengguna internet? Dewasa kini banyak sekali kasus peretasan dinegri kita yang mengakibatkan peretas tersebut tertangkap oleh pihak kepolisian akibat ulahnya yang merusak fasilitas IT. Oleh sebab itu penulis mengajak rekan-rekan untuk mengenal kembali proxy.

Definisi Proxy Server

Proxy Server adalah sebuah server yang melayani permintaan akses dari pengguna (client) dengan meneruskan permintaan tersebut (forwading) ke server target. Singkatnya ketika kita terhubung dengan internet, kita sudah tahu bahwa sistem yang kita kunjungi akan mencatat IP Address kita. Sebagai contoh, sewaktu kita mengakses internet, kita tentu akan melewati proxy dari ISP atau provider internet yang digunakan. Oleh sebab itulah, mengapa terjadi pemblokiran/tidak terjangkaunya website yang ingin kita kunjungi. Dengan menggunakan proxy seseorang dapat mengakses webiste yang diblokir baik oleh sekolah, perusahaan, kantor, ISP, dan lain-lain.

Manfaat Proxy

Dengan menggunakan proxy, secara tidak langsung kita menggunakan data berupa IP Address milik orang lain. Bila kita menggunakan proxy, data/request yang dikirimkan setelah melalui ISP akan singgah terlebih dahulu ke proxy tersebut, sehingga tidak langsung menuju website yang kita kunjungi. Sehingga website tersebut tidak akan membaca IP Address kita namun akan membaca IP Address dari proxy yang kita pakai.

Free Proxy List

Disini saya akan memberikan beberapa free proxy list atau daftar penyedia proxy gratis yang cukup umum untuk digunakan

Free Proxy List:
http://www.samair.ru/proxy/proxy-01.htm
http://www.proxylist.net
http://www.xroxy.com/proxylist.htm
http://www.freeproxysite.com/proxy-lists.php
http://nntime.com
http://aliveproxy.com/proxy-list/proxies.aspx

Bagaimana sobat, sudah mengenal kembali proxy belum? Jika belum jangan sungkan untuk bertanya dan membaca kembali yaa... Sekian free proxy list yang dapat saya berikan, dan artikel tentang Apa Itu Proxy? Ayo Mengenal Kembali Proxy. Tetap staytune ya dengan untuk menantikan artikel lainnya dan semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon