Sabtu, Januari 6

[Solved] Module wl Not Found di Kali Linux

[Solved] Module wl Not Found di Kali Linux
[Solved] Module wl Not Found di Kali Linux

Module wl Not Found?

Module wl no found. Ya, hal ini terjadi saat kita ingin menginstal drivier wifi. Ketika menginputkan perintah "modprobe wl" dan pesan error not found ini lah yang terkadang membuat kita kesal sudah susah payah ingin menginstall/memunculkan wifi dengan mengikuti step by stepnya tapi ujung-ujungnya error??
Hal ini pun pernah saya alami sehingga untuk tetap terkoneksi dengan internet selalu saja menggunakan tethring via usb pada smartphone.


Mengapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Hal ini terjadi karena driver yang dipakai pada PC kita tidak cocok dengan OS tersebut sehingga kita perlu menggunakan cara alternatif untuk menginstall driver tersebut. Sebagai bukti Laptop yang saya gunakan menggunakan driver Boardcom BCM43142. Setelah saya mencari solusi di forum-forum dan ternyata benar saja driver yang saya gunakan termasuk driver yang tidak support wifi. Setelah saya mencoba berbagai macam cara untuk mengatasinya namun hasilnya nihil tidak sesuai dengan tutorial-tutorial yang ada. Selalu saja muncul error pada tahap akhir yaitu "modprobe wl" dengan output errornya "wl not found".
Namun saya tidak menyerah hingga sekian lama saya mencari solusi akhirnya di sebuah forum saya menemukan solusi alternatif untuk mengatasi wl not found ini.
List driver yang tidak cocok untuk base debian (Silahkan dicoba cara pada link tersebut jika tetap tidak work gunakan cara alternatif pada artikel ini)


Alternatif "modprobe: FATAL: Module wl not found"

Buka terminal anda kemudian ikuti command berikut:

apt-get update
apt-get install linux-image-$(uname -r|sed 's,[^-]-[^-]-,,') linux-headers-$(uname -r|sed 's,[^-]-[^-]-,,')

Jika terjadi error unable to locate package silahkan baca artikel sebelumnya
Selanjutnya klik tombol dibawah lalu download dan install package-package berikut:

linux-kbuild-4.14_4.14.2-1kali1_amd64.deb
linux-headers-4.14.0-kali1-common_4.14.2-1kali1_all.deb
linux-headers-4.14.0-kali1-amd64_4.14.2-1kali1_amd64.deb

Untuk menginstallnya buka terminal kemudian inputkan command:

dpkg -i nama-pacakage-yang-tadi-didownload.deb

Setelah semua packagenya diinstall, lanjut inputkan command berikut:

apt-get install broadcom-sta-dkms
modprobe -r b44 b43 b43legacy ssb brcmsmac bcma
modprobe wl

Next inputkan lagi command berikut dan ubah nilai false menjadi true

nano /etc/NetworkManager/NetworkManager.conf

Kemudian save dan reboot PC anda
Selamat mencoba dan semoga berhasil! 😊

(Tested on Kali Linux 2017.3 kali-rolling 4.14.0-kali1-amd64 #1 SMP Debian 4.14.2-1kali1 (2017-12-04) x86_64 GNU/Linux)

Artikel Terkait

4 comments

gan saya kok mau download package nya ngga ada ya yg kaya diartikrl

saya coba pake 3-1 gagal gan, bisa bantu ngga? udah berbulan-bulan ngga solved

jangan tergantung dengan yg diartikel gan, karena yang diartkel itu contoh yang saya pakai. Tinggal sesuaikan saja dengan versi linux yang agan pakai saja

coba cek lagi tahapan & versi yang dipakai gan


EmoticonEmoticon