Kamis, Juni 22

4 Tempat Belajar Coding Online Gratis 2018

Menjadi seorang programer yang handal serta mampu menguasi banyak bahasa permrograman tentunya menjadi keinginan banyak orang. Namun untuk menggapai itu semua bukanlah hal yang mudah, perlu ketekunan serta tekad yang kuat untuk mencapai itu semua.
Seringkali kita bingung ketika ingin mempelajari sebuah bahasa program, dari mana kita harus memulai? Bahasa apa yang cocok bagi seorang pemula seperti saya ini? Apa saja yang saya butuhkan untuk mempelajari bahasa pemrograman?


Belajar coding gratis 2018
Belajar coding gratis 2018

Namun saat ini mempelajari bahasa pemrograman bukanlah menjadi hal yang sulit. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak cara untuk kita belajar coding kapanpun dan dimanapun kita berada.
Berikut adalah beberapa tempat belajar coding secara online dan menarik:

1. Tutorialspoint

Tutorialspoint merupkan salah satu tempat yang menyediakan belajar coding secara gratis. Selain itu bahasa pemrograman yang disediakan pun beragam. Tidak hanya itu saja beragam fasilitas seperti video, forum, artikel, lowongan pekerjaan, dan masih banyak lagi disediakan pada situs ini. Situs ini merupakan situs yang saya rekomendasikan untuk mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman. Hanya saja situs ini berbahasa inggris, maka disitulah kemampuan bahasa inggris kamu akan bermanfaat. 😃

2. Codepolitan

Codeplitan merupakan salah satu tempat belajar coding yang ada di Indonesia, sehingga bahasa yang dipakai dalam menyampaikan materipun menggunakan bahasa Indonesia dan lebih mempermudah kita dalam memahami materi yang disampaikan. Selain bisa belajar coding secara online, kita pun dapat menemukan serta mencari lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan dunia pemrograman.

3. Sololearn

Sololearn juga merupakan tempat belajar coding online gratis. Sololearn juga mensupport pembelajaran via aplikasi android, baik secara online maupun online. Keunggulan sololearn selain kamu bisa belajar coding gratis kamu juga bisa mendapatkan sertifikat dari course yang telah kamu selesaikan.Hanya saja sololearn sama dengan tutorialspoint yaitu menggunakan bahasa inggris.

4. Codesaya

Terakhir tempat belajar coding online gratis yang saya rekomendasikan adalah codesaya. Pada codesaya kamu akan mendapatkan pembelajaran tentang coding secara interaktif tanpa perlu menginstall perangkat apapun. Selain itu codesaya pun sama menariknya dengan sololearn. Kamu akan mendapatkan lencana setiap berhasil menyelesaikan sebuah bab dari materi yang telah kamu pelajari. Selain itu kamu dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Sebenarnya masih banyak tempat belajar coding online gratis yang ada diluar sana dan sama mengasyikkannya dengan beragam metode pembelajaran yang menarik. Hanya saja berikutlah tempat-tempat yang sering saya kunjungi untuk belajar dan berdiskusi dengan pengguna lainnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon